KPU Kota Serang berkoordinasi dengan Kodim 0602 Serang dalam rangka mensukseskan dan memaksimalkan Pemutakhiran Berkelanjutan Tahun 2021 pada Kamis, (10/6/2021).

Kegiatan Koordinasi diikuti oleh Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran, Anggota Patrudin dan M.Fahmi Musyafa Bersama Plh. Kasubbag Program dan Data Erlin Herlina, Kasubbag Hukum dan Pengawasan Encep, serta Staff Riyan Widya Triana. Kunjungan ini diterima oleh Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Suhardono.

Ketua KPU Kota Serang, Ade Jahran menjelaskan tujuan kedatangan KPU selain bersilaturahmi juga ingin menjalin hubungan yang baik dengan Kodim 0602. “Alhamdulillah Pileg dan Pilpres di tahun 2019 kita telah menjalin hubungan baik semua tahapan berjalan dengan baik dan memang sekarang kita menatap Pileg, Pilpres dan Pilkada di tahun 2024. Walaupun belum ada aturan yang mengikat namun kami sudah dapat informasi bahwa Pilpres dan Pileg akan dilaksanakan di Februari 2024 dan Pilkada di November 2024. Kami diwajibkan merawat data pemilih berkelanjutan sehingga kami harus terus menerus berkoordinasi dengan stekholder seperti Kodim 0602 Serang untuk mendata anggota TNI yang baru menjadi purnawirawan sehingga nanti ditahun 2024 terdaftar menjadi pemilih” Ujar Ade Jahran.

Sementara anggota KPU Patrudin menyampaikan ini kali kedua KPU Kota Serang berkoordinasi dengan Dandim 0602 Serang, saat koordinasi pertama di tahun 2020 alhamdulillah KPU Kota Serang mendapatkan peringkat pertama nasional daerah percontohan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, raihan prestasi tersebut tentu atas kerjasama yang baik dari berbagai pihak diantaranya Kodim 0602 Serang dalam memberikan data TNI yang sudah purnawirawan.

Di tempat yang sama, anggota KPU Kota Serang M. Fahmi Musyafa menambahkan, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemilih, KPU Kota Serang telah membuat aplikasi berbasis android yang bernama SIAPEM (Sistem Informasi Administrasi Pemilu), aplikasi Siapem ini kami desain untuk memudahkan masyarakat melaporkan identitas kependudukannya kepada KPU. Misalkan dia baru memiliki KTP elektronik, maka tinggal buka Siapem, dia bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih baru,” kata Fahmi.

Komandan Kodim 0602 Serang ikut mendorong pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang lebih akurat. “Kalau seandainya ada pendataan tidak usah sungkan kepada kami, semisal ingin pengakuratan data riil atau pengauditan data bersama KPU untuk ke lapangan tinggal dibuat saja jadwalnya, supaya tidak terjadi penggandaan data. Saya mengajak kepada Kang Ade (Ketua KPU) jika berkenan untuk pendataan kami siap membantu.” Ujar Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Suhardono.

Komandan Kodim menyerahkan data sebanyak 670 personel TNI yang sudah purnawirawan, nantinya KPU Kota Serang akan melengkapi elemen data kepada Disdukcapil agar bisa diinput kedalam aplikasi untuk menjadi Pemilih baru di Pemilu yang akan datang.

Di akhir kegiatan KPU Kota Serang menyerahkan Karikatur untuk Komandan Kodim 0602 Serang sebagai bentuk terima kasih atas dukungannya dalam menyukseskan data pemilih berkelanjutan 2021.