SERANG – KPU Kota Serang melakukan persiapan terkait launching aplikasi android SIAPEM yang akan dilaksanakan pada pekan pertama April 2021 mendatang. Lewat aplikasi SIAPEM, masyarakat selain dimudahkan untuk terlibat aktif dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB), juga dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan aspek kepemiluan lainnya.

Kordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Serang Nanas Nasihudin menjelaskan, SIAPEM sebagai bentuk pelayanan KPU terhadap masyarakat agar turut berperan aktif memberikan tanggapan terkait DPB. “Kami berharap aplikasi SIAPEM ini dalam proses pemutakhiran DPB semakin banyak melibatlan masyarakat. Terdapat fitur khusus bagi pemilih untuk menyampaikan tanggapan, seperti pindah domisili, meninggal dunia, pemilih baru, atau menginformasikan perihal perubahan data kependudukan. Jadi cukup menggunakan aplikasi ini, tanpa harus datang ke kantor KPU dan mengisi formulir, keterangan dari pemilih dapat kami proses. SIAPEM dapat diunduh di google play store secara gratis,” ujar Nanas, saat memandu jalannya simulasi penerapan aplikasi SIAPEM, Selasa (30/3/2021).

Nanas mengatakan, KPU akan segera melakukan sosialisasi penerapan SIAPEM kepada para pemangku kepentingan pemilu, yakni parpol, pemilih, dan Bawaslu. KPU menjaga keamanan SIAPEM dari kejahatan siber. Karena itu sebelum diperkenalkan ke hadapan publik, KPU Kota Serang terlebih dahulu akan mengkonsolidasikam SIAPEM kepada KPU RI, KPU Provinsi Banten, aparat kepolisian, dan perangkat daerah yang mengurusi administrasi kependudukan. “SIAPEM ini akan membantu KPU dalam melaksanakan rapat koordinasi rekapitulasi DPB per tiga bulan sekali. Pertengahan tahun ini, kami akan sosialisasikan SIAPEM ke beragam elemen, mulai dari aparatur kelurahan, siswa SMA, mahasiswa, dan pondok pesantren.” tambahnya.

Kordiv Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Serang M Fahmi Musyafa menjelaskan, dalam SIAPEM juga tertuang beragam menu selain DPB. Di antaranya e-PPID, JDIH, dan informasi tentang pemilu. Pada JDIH, kata Fahmi, masyarakat dapat mengetahui produk hukum apa saja yang telah diterbitkan KPU. Sementara pada e-PPID, masyarakat yang membutuhkan informasi dapat mengajukan permohonan lewat aplikasi. “SIAPEM juga selain memuat informasi tentang hasil pemilu, juga ada tentang pilkada. Yakni pilkada yang pernah dikelola oleh KPU Kota Serang, mulai pilkada pertama tahun 2008, 2013, hingga terakhir tahun 2018. Kami meyakini SIAPEM ini mampu menstimulus partisipasi pemilih. Utamanya para pemilih pemula yang lebih melek terhadap penggunaan IT. SIAPEM ini akan kami rawat terus setidaknya sampai pagelaran pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang,” kata Fahmi. (***)