KPU Kota Serang menyelenggarakan kegiatan roadshow jemput data pemilih ke Kelurahan Kasemen. Hal ini dalam rangka menyukseskan dan memaksimalkan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021. Kelurahan Kasemen merupakan kelurahan yang ke-3 dikunjungi, pada Rabu, 16/06/2021.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran dan Anggota Patrudin, Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik Tomi Irawan, Staff Janji Mustawa, Ori Atmayati dan Ningtyas. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Kelurahan Kasemen Ahmadi.

Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun dan meningkatkan sinergitas selain itu diharapkan kelurahan dapat memberi informasi agar data pemilih tersebut sejak awal dapat dimutakhirkan seperti pindah, datang dan meninggal dunia di tahun 2020 hingga 2021 yang sedang berjalan di Keluran Kasemen.

Ade Jahran menyampaikan bahwa kelurahan memiliki basis data penduduk lahir, meninggal dan pindah dan datang (Lampid). Data Lampid ini dibutuhkan oleh KPU Kota Serang untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Kami berharap di tahun 2021 ini Kelurahan Kasemen bisa bekerjasama dengan KPU Kota Serang terkait data Lampid agar data pemilih di Kota Serang terus terupdate sehingga tidak ada lagi permasalahan klasik seperti namanya tidak terdaftar atau pemilih yang sudah meninggal tetap terdaftar sebagai pemilih,” ujar Ade

Sementara Patrudin, selaku Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan, untuk mengatasi masalah yang disebutkan Ketua KPU bahwa saat ini pemilih diberi kemudahan setelah dilaunching aplikasi SIAPEM (Sistem Informasi Administrasi Pemilu).

“KPU Kota Serang telah menyediakan layanan aplikasi bernama SIAPEM  untuk memudahkan masyarakat jika ingin langsung melaporkan data diri atau kerabat bagi yang belum terdaftar sebagai pemilih, merubah status purnawirawan TNI/Polri, pindah domisili, jika kerabat atau keluarga ada yg meninggal dunia, dan sebagainya. Semoga Pak Lurah dapat ikut mensosialisasikan aplikasi SIAPEM tersebut kepada RT/RW se-Kelurahan Kasemen,” kata Patrudin.

Kepala Kelurahan Kasemen Ahmadi menyambut dengan baik kehadiran KPU Kota Serang dan menyatakan kesiapannya dalam menyukseskan program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan serta akan mensosialisakan aplikasi SIAPEM kepada RT dan RW se-Kelurahan Kasemen.

“Dengan adanya maklumat Walikota, kami akan membantu KPU dengan memberikan data Lampid untuk menyukseskan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Kami juga akan mensosialisasikan aplikasi ini ke tingkat RT/RW di Kelurahan Kasemen,” kata Ahmadi.