SERANG – Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM) yang hendak diluncurkan KPU Kota Serang, Rabu 7 April 2021, menyuguhkan 9 layanan tentang kepemiluan. Kesembilan layanan dimaksud adalah Data Pemilih; E-PPID; JDIH; Pilkada; Pemilu; Website; Cek Hoax; Informasi; dan Panduan.

Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Serang Fahmi Musyafa menjelaskan, Data Pemilih berisi layanan kepada masyarakat untuk dapat menyampaikan tanggapan perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB). Tanggapan dimaksud dapat berupaya pemilih baru, perubahan data pemilih, atau pelaporan mengenai status pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) karena meninggal dunia, dan atau lain sebagainya.
 

“E-PPID itu adalah layanan informasi kepada masyarakat melalui sarana IT. Jadi jika ada masyarakat yang hendak mengajukan permohonan informasi kepada KPU, silahkan akses melalui SIAPEM, lalu buka menu E PPID. Disitu disediakan formular permohonan informasi, dan setiap jenis informasi yang kami miliki,” kata Fahmi, usai rapat pleno rutin KPU Kota Serang, Senin 5 April 2021.

Sembilan layanan yang tersedia di aplikasi SIAPEM KPU Kota Serang.

Menu Pilkada dan Pemilu, kata Fahmi, berisi semua informasi yang berkaitan dengan pilkada dan atau pemilu, mulai dari profil peserta, tingkat partisipasi pemilih, hingga rekapitulasi perolehan suara. Menu JDIH itu berisi produk hukum yang telah diterbitkan oleh KPU. Baik berupa peraturan, keputusan, maupun surat edaran.

“Menu Website isinya adalah web resmi kami. Cek Hoax itu adalah upaya KPU menangkal informasi dan atau pemberitaan hoax. Informasi itu berisi rencana kegiatan internal kami. Sementara Panduan adalah penjelasan mengenai tata cara penggunaan SIAPEM.”

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Serang Patrudin menambahkan, pasca launching, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi SIAPEM kepada para pemangku kepentingan, yakni peserta pemilu, pemilih, Bawaslu, aparatur pemerintah daerah, hingga lembaga pendidikan.

“Kami bertekad menjadikan SIAPEM ini menjadi alat kerja utama kami dalam melayani masyarakat. Karena itu setelah launching, SIAPEM ini akan kami sosialisasikan kepada seluruh elemen, ” kata Patrudin. (***)