Kamis, 17 Oktober 2019 |
»Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kota Serang »KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SERANG SIAP MELAYANI

MENU UTAMA

Galeri Foto

  • Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Anggota DPRD Se-Kota Serang Periode 2019-2024
  • Pawai Budaya Hut Kota Serang ke 12 tahun
  • RAPAT PLENO PENTAPAN CALEG TERPILIH KOTA SERANG PEMILU 2019
  • RAPAT PLENO PENTAPAN CALEG TERPILIH KOTA SERANG PEMILU 2019
  • RAPAT PLENO PENTAPAN CALEG TERPILIH KOTA SERANG PEMILU 2019
  • Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kota Serang
  • Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kota Serang
  • Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kota Serang
  • Kunjungan Anggota KPU RI Pengechekan Gudang KPU Kota Serang
  • Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

UNDUH

Berita

KPU Layani 4 TPS di LPS

Selasa, 16 April 2019 02:44:40 wib Dibaca: 85 Pengunjung

SERANG – KPU Kota Serang siap melayani hak pilih warga binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Serang. Di dalam LP nantinya didirikan 4 TPS, dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 604 orang. Semuanya laki-laki. KPU berharap TPS yang ada di LP nantinya mematuhi standar operasional yang berlaku.

“Nanti dalam TPS itu terdiri dari 4 bilik, dan 5 kotak suara. TPS dbiuka mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Idealnya TPS didirikan dengan ukuran 10 kali 8 meter. Mohon dibuat antrean agar tertib saat pemilih nyoblos di bilik. Sebelum meninggalkan TPS, pemilih wajib mencelupkan jarinya ke tinta yang sudah disediakan. Dalam satu TPS nanti saksi yang membawa surat mandat dan Pengawas TPS wajib difasilitasi oleh KPPS,” kata Anggota KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri saat menyampaikan sosialisasi kepada warga binaan LP Serang, Kamis 11 April 2019.

Pada kesempatan itu dijelaskan prihal profil peserta pemilu, mulai dari calon Presiden dan Wakil Presiden, parpol, dan calon anggota DPD RI. Warga binaan juga diberi simulai mengenai tanda coblosan sah dan tidak sah pada surat suara.

Fierly menjelaskan, KPU Kota Serang akan melayani seluruh pemilih dengan standar yang sama. Karena itu setiap warga binaan diberi kesempatan yang sama pula untuk menyalurkan hak politiknya.

“Meski dengan kondisi terbatas, hak politik warga binaan sama. Bagi pemilih yang namanya sudah ada di DPT, berhak mendapatkan 5 jenis surat suara. Kecuali yang namanya sudah terdata di DPT, kemudian sekarang menjadi warga binaan, berarti dia menjadi pemilih tambahan. Maka penggunaan surat suaranya disesuaikan. Warga binaan juga dipersilahkan melihat prosesi penghitungan suara nanti di TPS. Tentu pula saat memberikan surat suara warga binaan bebas menentukan pilihan tanpa ada paksaan dari pihak manapun,” kata Fierly.

Hadir pada kesempatan sosialisasi Kepala LP Serang Suherman dan Kasi Bimbingan Napi LP Serang Rudi Hartono. Sosialisasi digelar di Aula LP Serang diikuti sekitar 100 warga binaan. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Relawan Demokrasi KPU Kota Serang.

“Setiap pemilu dan pilkada di LP ini didirikan TPS. Jadi kami sudah terbiasa dengan aktivitas kepemiluan. Petugas KPPS di 4 TPS itu juga siap. Bahkan kami sudah memesan tenda untuk TPS. Kami meminta KPU untuk segera mengirimkan salinan DPT agar kami bisa mempersiapkan diri. Utamanya mengatur keluar masuk pemilih dari kamar menuju lapangan tempat didirkannya TPS. Kami juga siap menerima kehadiran saksi dan Pengawas TPS,” kata Rudi. (fmm)

LAINNYA

Top