Setiap tanggal 1 Juli, Indonesia memperingati Hari Bhayangkara atau hari lahirnya Kepolisian RI.

Usia Bhayangkara genap 74 tahun, hari ini didedikasikan untuk semua anggota prajurit pasukan polisi Bhayangkara untuk pelayanan dan kontribusi mereka kepada masyarakat.

Lahirnya kepolisian ini sangat erat kaitannya dengan sejarah dari kemerdekaan yang diraih oleh Indonesia di tahun 1945.

Polisi memiliki banyak sekali tugas yang tentunya sudah kita ketahui bersama, seperti menjaga negara agar selalu nyaman dan terhindar dari tidak yang tidak inginkan.

Pada zaman sejarah kemerdekaan dulu polisi langsung terlibat dalam pertempuran untuk melawan para penjajah dan juga beberapa operasi militer bersama dengan satuan lainnya.

Dikutip dari Wikipedia, empat hari pasca kemerdekaan RI, Polri lahir pada tanggal 21 Agustus 1945.

Nah, semenjak tanggal tersebutlah mulai diadakan peringatan setiap tahun di tanggal 21 Agustus sebagai Hari Bhayangkara atau kelahiran ada anggota Polri.

Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Menurut Patrudin Anggota KPU Kota Serang peran polisi sangatlah penting bagi pertahananan negeri ini khususnya untuk mengamankan lingkungan sosial masyarakat,
Lebih lebih Polisi sangat membantu sekali terhadap pelaksanaan di setiap tahapan penyelenggaraan Baik Pemilu maupun Pilkada.

Ketua KPU Kota serang Ade Jahran menyebutkan Polisi adalah mitra KPU yang sesungguhnya, bisa di bayangkan kalau ketika pilkada misalnya gimana jadinya kalau tidak ada pengamanan dari kepolisian.

Selamat Hari Bhayangkara yang ke 74 “Kamtibnas kondusif masyarakat semakin produktif”


Warning: A non-numeric value encountered in /home/kpuseran/public_html/wp-content/themes/KPUSerang2020/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here